6 tempat di dunia ini tampak seperti dihuni oleh makhluk asing

Alam bisa bertransformasi sedemikian rupa menjadi pemandangan menakjubkan yang tidak pernah Anda jumpai di belahan bumi lainnya. Enam tempat di berbagai belahan dunia ini memiliki struktur yang tak biasa, membuat siapa saja yang memandangnya merasa seperti sedang berada di planet lain yang dihuni alien dalam film-film fiksi ilmiah. Penasaran tempat apa saja di bumi ini yang tampak seperti planet lain? Simak ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber ini.


1. Craters of the Moon National Monument and Preserve, AS

Craters of the Moon

Area seluas 1.600 kilometer persegi ini tampak seperti kawah bulan, bukan? Pemandangan tersebut merupakan bagian dari Craters of the Moon National Monument and Preserve, kawasan konservasi nasional yang terletak di Dataran Snake River, Idaho, Amerika Serikat. Menurut Wikipedia, kawasan yang dilindungi tersebut meliputi daerah vulkanik dan area banjir basalt yang paling terjaga di Amerika Serikat.

Sebenarnya dataran luas yang tampak seolah tersayat-sayat ini terbentuk karena pergerakan lempeng bumi sekitar 30 juta tahun yang lalu. Karena lempengan tersebut meregang, akibatnya batuan panas di bawahnya meleleh. Kemudian magma yang sebelumnya tersembunyi di dalamnya mengalir di celah-celah permukaan dan menghasilkan bentuknya yang seperti sekarang.


2. Ventilasi hidrotermal laut dalam, Samudera Pasifik

6 tempat di dunia ini tampak seperti dihuni oleh makhluk asing

Tempat yang tampak seperti planet asing dalam film-film fiksi ilmiah ini merupakan satu bentuk ventilasi hidrotermal yang ditemukan di laut dalam pada tahun 1970-an. Para ilmuwan menemukan tempat aneh ini di dasar lautan dekat Kepulauan Galapagos, Samudera Pasifik.

Tak hanya bagi orang awam, bagi para ilmuwan pun ventilasi hidrotermal ini tergolong tak biasa karena masuk begitu dalam sampai kedalaman 2 kilometer di dasar laut. Di dalam lubang tersebut terdapat air panas yang dihangatkan oleh aktivitas vulkanik. Kadang suhunya mencapai 400 derajat Celcius.


3. Rio Tinto, Spanyol

6 tempat di dunia ini tampak seperti dihuni oleh makhluk asing

Penampilan Sungai Rio Tinto ini barangkali mengingatkan Anda pada lokasi tambang di luar angkasa dalam film-film futuristik. Selama berabad-abad, para penambang sudah mengeksploitasi mineral di tempat ini. Bangsa Romawi bahkan membuat koin-koin emas dan perak mereka dari hasil tambang Rio Tinto.

Sekarang area ini merupakan salah satu sumber tambang tembaga dan sulfur terpenting di dunia. Tetapi polusi yang disebabkan oleh eksploitasi mineral besar-besaran selama berabad-abad telah menyebabkan sungai Rio Tinto tercemar, sehingga warna airnya berubah merah kekuningan seperti ini.


4. Danau Natron, Tanzania

6 tempat di dunia ini tampak seperti dihuni oleh makhluk asing

Danau Natron yang tampak seperti permukaan planet Mars di film-film ini merupakan danau garam yang berlokasi di utara Tanzania, dekat dengan perbatasan Kenya. Air danau ini bersumber dari Sungai Ewaso Ng'iro dan mata ir panas mineral di dekatnya. Kedalamannya hanya sekitar tiga meter. Yang menjadikannya unik adalah permukaan danau ini tampak seperti planet Mars yang kita bayangkan dalam cerita-cerita fiksi. Berwarna merah terang dengan permukaan penuh retakan.

Warna merah yang unik tersebut timbul karena tingkat evaporasi yang tinggi. Seperti halnya danau berkadar garam tinggi lain di dunia, kandungan garam di air danau ini menjadi habitat sempurna dari halofili, mikroorganisme yang menghasilkan pigmen merah untuk berfotosintesis. Sayangnya kondisi lingkungan danau tersebut tak ramah untuk makhluk hidup lain. Wilayah sekitar danau sangat gersang. Selain itu danau ini mengawetkan bangkai hewan-hewan yang mati di sana seperti mumi.


5. Tambang Naica, Meksiko

6 tempat di dunia ini tampak seperti dihuni oleh makhluk asing

Kalau yang satu ini sekilas tampak seperti planet krypton asal Superman. Tambang Naica yang terletak di Chihuahua, Meksiko terkenal karena selenite crystal yang ada di sana. Tambang ini tepatnya berada di Naica, Saucillo. Merupakan penghasil zinc, perak, dan timah yang dikelola oleh Industrias Penoles, perusahaan produsen timah terbesar di Meksiko.

Di tambang ini ditemukan Gua Kristal (Cueva de los Cristales), 300 meter di bawah tanah. Di gua tersebut terdapat banyak sekali selenite crystal berbentuk runcing dengan panjang mencapai 15 meter. Beberapa di antaranya merupakan kristal terbesar dan terpanjang yang pernah ditemukan di muka bumi. Kristal-kristal di gua tersebut terbentuk dari cairan hidrotermal yang bersumber dari bilik magma di bawahnya.


6. Gua Marmer Patagonia, Chile

6 tempat di dunia ini tampak seperti dihuni oleh makhluk asing

Gua Marmer atau Capilla de M?rmol terletak di Patagonia, Chile. Gua ini memiliki warna biru kelabu yang mengagumkan. Menurut Amazing Places on Earth, gua tersebut merupakan formasi geologi unik yang meliputi ceruk, terowongan, dan pilar yang? dari batuan marmer atau pualam monolit yang terbentuk oleh ombak dan gelombang air laut selama 6.000 tahun terakhir. Gua cantik ini bisa ditempuh oleh wisatawan dengan perahu kayak.

Dikutip merdeka.com, itulah 6 tempat yang tampak seperti planet lain. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

0 Comments

Post a Comment